Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Penduduk dunia yang bertumbuh dengan pesat meningkatkan masalah dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia dan lingkungan, dengan persediaan papan, pangan dan sandang. Kemiskinan yang terjadi di seluruh dunia adalah akibat dari eksploitasi sumber daya alam yang ada, yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Eksploitasi sumber daya alam ini menurunkan kualitas lingkungan, maka proses daur ulang untuk pemulihan keadaan lingkungan terganggu. Masalah kependudukan maupun lingkungan di Indonesia adalah masalah yang disebabkan oleh kurangnya keseimbangan antara jumlah dan laju pertumbuhan penduduk dengan tingkat dan laju perkembangan ekonomi. Memanfaatkan sumber daya alam yang dibutuhkan, dipengaruhi oleh kemampuan manusia menerapkan pengetahuan teknologi yang sedang berkembang. Hal ini mengurangi masalah yang terjadi karena pertambahan penduduk.
Jumlah penduduk Indonesia yang banyak, memiliki beban sosial yang berat. Jumlah penduduk yang banyak ini tidak tersebar secara merata, ada wilayah yang padat dan ada wilayah yang tidak padat penduduknya. Untuk mengatasi masalah penduduk dan lingkungan hidup, Pemerintah melakukan program :
1.    Keluarga berencana
2.    Transmigrasi
3.    Industrialisasi
4.    Usaha mengubah pola bertani yang tidak merusak struktur tanah
Jumlah penduduk yang semakin banyak dan berpengaruh terhadap daya dukung alam bagi kehidupan manusia itu sendiri. Dengan demikian, daya dukung alam perlu dijaga, agar tidak berkurang atau susut, sejalan dengan perubahan waktu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemajuan industri. Kelangsungan hidup manusia berkaitan dengan komponen sosial dan komponen alam, akan memberikan hasil yang mencerminkan keadaan masyarakat dan keadaan alamnya. Pengaruh komponen sosial, komponen alam, dan akibat terhadap kehidupan masyarakat, dapat dilihat pada masyarakat yang mengandalkan hidupnya pada kegiatan yang dilakukannya.

Pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia mampu mengubah lingkungannya sehingga dapat menciptakan ekosistem buatan, kondisi yang menguntungkan sesuai dengan kebutuhan hidup, merusak ekosistem yang ada, memberikan keamanan dan kesenangan.

About LUTFIYATUL ULLA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top