Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Kemajuan dalam bidang bioteknologi selain menimbulkan potensi menguntungkan, juga menimbukan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang besar. Diperlukan norma dan etika dalam kegiatan penelitian, pengkajian, dan aplikasi bioteknologi, guna memberikan rambu-rambu pengamanan dan sekaligus mengawal kegiatan bioteknologi di Indonesia. Menurut Soehadji (1995 dalam Feradis tahun 2010) norma dan etika tersebut adalah :
1)      Tidak mengadakan atau merencanakan kegiatan penelitian yang menyangkut mikroorganisme yang produknya secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak kehidupan hewan, maupun manusia serta merusak lingkungan alam sekitarnya (misalnya bom kuman, membentuk mutan kuman atau mikroorganisme yang ganas dan resisten terhadap cara pengendalian dan pemusnahannya).
2)      Tidak mengadakan atau merencanakan penelitian bioteknologi bidang peternakan yang menggabungkan sifat fisik hewan dengan manusia (misalnya menanam embrio manusia pada hewan atau rekombinan gen /DNA hewan dan manusia).
3)      Tidak mengadakan atau merencanakan penelitian yang berkaitan dengan hewan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membentuk spesies-spesies baru atau yang bertentangan dengan hukum alam maupun kaidah agama.
4)      Tidak mengadakan atau merencanakan penelitian yang berkaitan dengan hewan yang bertujuan untuk membentuk anomali-anomali (kelainan fisik atau diluar bentuk normal) yang merugikan hewan atau tidak layak ditinjau dari segi estetika.
5)      Di dalam melakukan penelitian, pengkajian dan aplikasi bioteknologi di bidang peternakan (hewan) tidak menimbulkan atau bertujuan langsung atau tidak langsung dapat menyakiti hewan baik yang bersifat permanen maupun sementara.
6)      Tidak mengadakan pengkajian dan aplikasi hasil bioteknologi dari luar negeri yang bertentangan dengan kaidah-kaidah agama, membahayakan kehidupan manusia dan hewan serta lingkungan.
7)      Tidak mengadakan atau merencanakan kegiatan penelitian biteknologi yang disadari atau tidak disadari bertujuan merendahkan derajat hewan atau manusia.

8)      Penelitian, pengkajian dan implikasi dari hasil bioteknologi yang diberikan dapat menyangkut norma-norma di atas, sebelum dilaksanakan harus mendapat pengkajian lebih dahulu ditinjau dari beragai sudut seperti aspek keagamaan, estetika, budaya dan teknis.

Baca juga: Bioteknologi

About Faisal Respatiadi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top