Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Teknologi Informasi (IT) adalah teknologi yang berkaitan dengan pengolahan dan penyebaran data menggunakan komputer, yang mencakup perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Sekarang teknologi informasi telah menyatu dengan teknologi komunikasi sehingga sering disebut dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

a.      Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
komputer yang menjadi basis kerja teknologi informasi berasal dari kata compute yang berarti menghitung. Alat-alat hitung berikut ini mendasari munculnya komputer modern.
1.      Abacus
Abacus merupakan alat hitung pertama kali yang digunakan manusia, berfungsi untuk membantu daya ingat ketika melakukan perhitungan. Walaupun termasuk purba, abacus merupakan mahakarya manusia di bidang alat hitung. Abacus digunakan pertama kali tahun 300 SM di Babilonia, dan selanjutnya berkembangan di Cina sampai sekarang.
2.      Mesin Analog Wilhelm Schickard
Sejarah komputer dimulai dari mesin analog yang diciptakan ilmuan Jerman Wilhelm Schickard pada tahun 1623. Mesin itu menggunakan 11 roda bergigi lengkap dan 6 roda bergigi tidak lengkap yang dapat menambah, mengurang, dan dengan bantuan tabel logaritma mengalikan dan membagi.
3.      Mesin Penjumlah Blaise Pascal
Pada tahun 1642 filsuf, matematikawan, dan fisikawan Perancis Blaise Pascal menciptakan mesin yang dapat menambah dan mengurang, secara otomatis membawa dan meminjam angka dari kolom ke kolom.
4.      Mesin Tenun Buatan Jacquard
Pada awal abad ke-19 penentu Perancis Joseph-Marie Jacquard menciptakan komputer khusus untuk mesin tenun sutra. Mesin ini menggunakan kartu berlubang-lubang (punch card) untuk memprogram pola kain tenun. Alat tenun ini masih digunakan sampai saat ini, terutama dalam pembuatan kain untuk mebel.
5.      Difference Engine Charles Babbage
komputer mekanik lainnya adalah Difference Engine, yang dirancang pada awal 1820-an oleh ahli matematika dan ilmuan Inggris Charles Babbage. 
6.      Hollerith Desk
Tabulator Hollerith digunakan untuk sensus AS tahun 1890, dan telah membuat perhitungan suara waktu itu tiga sampai empat kali lebih cepat dibandingan dengan cara manual.
7.      Komputer Elekltro Mekanik Pertama
Pada tahun 1944 ahli matematika Amerika Howard Aiken mengembangkan computer pertama MARK I, yang dibangun oleh IBM. Mesin hitung elektronik ini menggunakan relay dan komponen mekanis. Dalam mesin yang dibuat kemudian, Aiken menggunakan tabung vakum dan transistor untuk memanipulasi angka-angka biner.

b.      Generasi Komputer
1.      Komputer Generasi Pertama, 1944-1958: Tabung Vakum
Generasi pertama ini adalah masa  komputer dinosaurus, berukuran sebesar ruangan dengan kemampuan komputasi yang sangat lambat. Yang dapat mengoperasikan komputer jenis ini hnyalah orang-orang yang sudah terlatih. Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerial Integrator and Computer) yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah AS dan Universuty of Pennsyylvania.ENIAC Beroperasi pada tahun 1945 dan diperkenalkan kepada public pada tahun 1946. Ini dianggap sebagai komputer digital umum pertama yang sukses.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) dari Hongaria bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun  konsep desain komputer yang hingga 40 tahun berikutnya masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur vonn Neumann tersebut.
2.      Komputer Generasi Kedua, 1958-1966: Transistor
Transistor menggantikan tabung vakum dan mengantar komputer ke generasi kedua. Transistor adalah alat yang terbuat dari bahan semikonduktor yang berfungsi menguatkan sinyal elektronik. Diciptakan pada tahun 1947 di Laboratorium Bell, transistor telah menjadi bahan utama semua sirkuit digital, termasuk komputer.  Mikroprosesor terbaru hari ini berisi puluhan juta transistor mikroskopis.
Tra nsistor ditemukan pada tahun 1947 tetapi belum terlihat penggunaannya secara luas dalam komputer sampai akhir 50-an. Transistor jauh lebih unggul dibandingkan dengan tabung vakum, memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih murah, dan lebih hemat energy serta lebih dapat diandalkan daripada generasi pertama pendahulunya. Komputer generasi kedua masih bergantung pada punch card untuk input dan cetakan untuk output.
Komputer generasi kedua pindah dari “bahasa mesin biner” ke “bahasa rakitan”, yang memungkinkan programmer untuk menyatakan intruksi dalam bentuk kata-kata. “bahasa pemrograman tingkat tinggi” juga sedang dikembangkan pada saat itu, seperti versi awal COBOL dan FORTRAN. Ini juga merupakan komputer pertama yang menyimpan program intruksi dalam memori, dan berpindah dari “drum magnetic” ke “teknologi inti magnetic”. Komputer pertama dari generasi ini dikembangkan untuk industry energi atom.
3.      Komputer Generasi Ketiga, 1966-1972: Integrated Circuits
Pengembangan sirkuit terpadu, atau integrated circuit-IC, adalah ciri khas computer generasi ketiga. Transistor diminiaturkan dan diletakan pada chip silicon, yang berbahan semikonduktor, yang secara drastis meningkatkan kecepatan dan efesiensi komputer.
Silikon adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat chip computer, transistor, diode silikon, dan sirkuit serta saklar elektronik lainnya Karena struktur atomiknya menjadikan unsur itu sebagai semikonduktor yang ideal.
Chip adalah sekeping kecil bahan semikonduktor tempat menanamkan IC. Chip biasanya berukuran kurang dari 1,5 cm² dan dapat berisi jutaan komponen elektronik.
Komputer terdiri dari banyak chip yang ditempatkan pada papan elektronik yang disebut printed circuit board (PCB).
Alih-alih punch card dan print-out, pengguna berinteraksi dengan komputer generasi ketiga melalui keyboard dan layar mintor serta dihubungkan dengan sistem operasi, yang memungkinkan perangkat itu menjalankan berbagai aplikasi yang berbeda secara bersamaan dengan program sentral yang memonitor memori. Untuk pertama kalinya komputer dapat diakses oleh masyarakat luas karena ukurannya yang lebih kecil dan harganya yang lebih murah daripada para pendahulunya.
Kemajuan computer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasikan memori computer.
Pada masa komputer generasi ketiga ini sistem operasi didominasi oleh UNIX  dan Windows. UNIX masih memenuhi pasaran untuk bidang komputer dengan spesifikasi besar, tapi Windows lebih berkecimpung dibidang komputer kecil, atau komputer kantor dan rumahan.
4.      Komputer Generasi Keempat, 1972-Sekarang: Mikroprosesor
Mikroprosesor membawa komputer ke generasi keempat, ribuan IC dipasang di chip silikon itu berisi CPU. Dalam dunia computer pribadi, istilah mikro-prosesor dan CPU sering digunakan secara bergantian. Dijantung semua PC dan workstation terdapat sebuah mikroprosesor. Mikroprosesor juga mengendalikan logika hampir semua peralatan digital, dari jam radio sampai sistem fuel-injection untuk mobil.
Komputer generasi keempat menggunakan mikroprosesor yang lebih kecil dan dapat bekerja lebih cepat. Untuk Intel mulai dari Intel 1386 sampai dengan Intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core. Kesemuannya berkembang sesuai irama perkembangan dunia teknologi informasi yang terus bergejolak seolah tak ada henti-hentinya untuk mengembangkan daya kreasi dari inofasi.
5.      Komputer Generasi Kelima, Sekarang-Selanjutnya: Artifical Intelligence
Perangkat komputer generasi kelima, yang berorientasi pada artificial intelligent (kecerdasan buatan) masih dalam tahap pengembangan, meskipun sudah ada beberapa aplikasi, seperti pengenalan suara, yang mulai digunakan sekarang.
Kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang berusaha membuat komputer berperilaku seperti manusia. Istilah ini diciptakan pada tahun 1956 oleh John McCarthy di Massachusetts Institute of Technology. Kecerdasan buatan mencakup : Games, Expert system, Bahasa alami manusia, Neural networks, Robotika.

c.       Generasi Komputer Berdasarkan Kapasitas Memori
1.      Perkembangan Prosesor
Berdasarkan kapasitas memori dan kecepatannya, perkembangan Personal Computer (PC) dimulai tahun 1971 dengan ditemukannya prosesor Intel 808 dengan memori 16 Kb, dilanjutkan dengan prosesor 8080 pada tahun 1974 dengan memori 64 kB. Selanjutnya pada tahun 1983 IBM PC-XT 8088 mempunyai memori sampai 1 MB dan sekarang dengan Pentium IV bisa sampai 512 MB. Kecepatan aksesnya dari sekitar 1 MHZ pada XT-8088, menjadi antara 8-40 MHz pada AT-286, 32-64 MHz pada AT-386, dan sekitar 100 MHz pada AT-486. Kemudian dilanjutkan dengan Pentium I, II, III, dan IV yang sekarang mencapai lebih dari 3 GHz.
2.      Hukum Moore
Hukum Moore, diperkenalkan oleh Gordon E Moore salah satu pendiri Intel, merupakan hukum yang terkenal dalam menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor. Hukum Moore menyatakan bahwa kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan. Setelah Intel secara resmi memulai arsitektur prosesornya dengan code Nehalem yang menerapkan teknik teknologi nano, peningkatan dua kali lipat tidak membutuhkan waktu selama 18 bulan tapi akan lebih singkat.
Saat ini Hukum Moore telah dijadikan target dan tujuan dalam pengembangan industry semikonduktor. Peneliti di industry prosesor berusaha mewujudkan Hukum Moore dalam pengembangan produknya. Secara tidak langsung, Hukum Moore menjadi umpan balik (feedback) untuk mengendalikan laju peningkatan jumlah transistor pada keping IC. Hukum Moore telah menegndalikan semua orang untuk bersama-sama mengembangkan prosesor. Terlepas dari alasan-alasan tersebut, pemakaian transistor akan terus meningkat hingga ditemukannya teknologi yang lebih efektif dan efesien.
3.      Komputer pada Tahun 2030
Pada tahun 2030 chip akan berukuran sanagt kecil dan murah. Chip akan ada di mana-mana , harganya sangat murah sama dengan selembar kertas HVS.

d.      Aplikasi Teknologi Informasi
Secara umum aplikasi berarti penerapan; sedangkan secara khusus aplikasi berarti program. Dalam penggunaannya, kedua istilah itu sering dipertukarkan. Aplikasi teknologi informasi kelompok word processor sudah mengubah budaya menulis manusia secara dramatis. Aplikasi untuk word processor yang sudah sangat familiar adalah Microsoft Office Word 2007, yang sering disingkat dengan Word 2007
1.      Kelompok Aplikasi
Aplikasi komputer sangat bervariasi, namun secara umum dapat dikelompokan menjadi 6 yaitu
-          Word processor, pengganti mesin tik
-          Komunikasi, seperti internet, e-mail, telecopy, teleprinting, dan teleconference
-          Multimedia, terutama untuk kepentingan hiburan dan teleconference
-          Permainan
-          Akuisisi data, banyak digunakan sebagai analisis data instrumentasi penilitian dan industry
-          Artificial intelligent, banyak digunakan untuk peralatan yang sangat membantu pekerjaan rutin dan diharapkan dapat “berfikir” seperti layaknya manusia
Dari kelompok komunikasi, internet merupakan aplikasi teknologi informasi yang sangat luas pemanfaatannya dalam kehidupan modern. Pada tahun 1969 pemerintah USA mensponsori sebuah penelitian sistem jaringan (network) yang disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network) yang menghubungkan lembaga penelitian Departemen Pertahanan dengan beberapa lembaga penelitian di universitas yang bekerja sama dengan mereka. Para ilmuan mengembangkan IP (Internet Protocol), sebuah standar yang memungkinkan pengguna computer melakukan pertukaran data melalui internet. Sistem ini kemudian diikuti oleh banyak universitas, lembaga pemerintahan lain, dan para pelaku bisnis. Yang menarik dari sistem ini adalah tidak adanya kantor pusat internet. Bila terjadi kerusakan pada suatu tempat, jaringan didesain untuk dapat mencari rute lain sehingga tidak akan terjadi kelumpuhan. E-mail merupakan sarana paling banyak digunakan dalam internet. Dari kelompok multimedia, teknologi informasi digunakan untuk menyajikan informasi dalam berbagai bentuk selain teks, yaitu : grafis, animasi, dan video. Pengintegrasian teknologi multimedia dalam internet biasanya disebut dengan World Wide Web, sering disingkat WWW. Dari kelompok akuisisi data, komputer telah dimanfaatkan  untuk analisis data penelitian di perguruan tinggi dan dunia industri untuk menghasilkan produk-produk yang kompetitif.
2.      Produk TI
Produk teknologi informasi mempunyai kecenderungan makin kecil ukurannya tetapi makin besar kapasitasnya dalam memproses informasi, sesuai dengan Hukum Moore. Personal digital assistant (PDA) muncul pertama tahun 1986 sering disebut dengan komputer genggam karena dilengkapi dengan keyboard dan layar monitor, sebagai layaknya sebuah komputer. PDA adalah gabungan antara telepon dengan komputer.
BlackBerry yang sering disebut dengan smartphone pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Research In Motion (RIM) Kanada. Di Indonesia BlackBerry mulai diperkenalkan pada tahun 2004. Pada awalnya BlackBerry hanya dapat diakses oleh sesame BlackBerry. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu BlackBerry sekarang dapat diakses melalui smartphone jenis lain.
iPhone adalah telepon genggam yang memiliki fitur kamera, multimedia player, sms, dan voicemail. Inputnya menggunakan layar sentuh, keyboard virtual dan tombol.

iPad diperkenalkan pertama kali di AS pada tahun 2010. Alat canggih ini fungsinya dirancang berada diantara smartphone dan laptop. Tampilan iPad mirip dengan iPhone hanya saja ukurannya lebih besar dan fungsi-fungsinya lebih banyak.

About Faisal Respatiadi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top